Header Ads

5 Gitaris Indonesia terbaik berdasarkan karyanya versi Nada Mayor

Gitaris terbaik Indonesia
source : pexels.com/Edward Eyer

Di Indonesia banyak bermunculan gitaris - gitaris terbaik dengan skill di atas rata - rata tapi tidak banyak yang mempunyai skill yang mumpuni dengan karya yang everlasting bersama band atau secara solo karena tidak mudah mengharmonisasikan nada - nada dari beberapa alat musik lainnya dalam sebuah karya.

Di bawah ini beberapa gitaris pilihan Nada Mayor yang piawai mengharmonisasikan permainan gitar mereka dengan alat musik lainnya hingga menjadi karya yang everlasting dan tidak jarang permainan gitar mereka menjadi nyawa dan yang paling menonjol dalam karya yang mereka buat.

1.  Eross Chandra (Sheila on 7)


Selain jago bermain gitar Eross juga seorang pencipta lagu yang handal, sudah banyak lagu hits Sheila on 7 yang masih di dengarkan hingga sekarang. Isian gitar Eross di lagu - lagu Sheila on 7 sangat melekat dan ikonik dan terkesan sangat menonjol dengan suara gitar yang crunchy. Eross bukan hanya menjadi gitaris panutan orang - orang biasa tapi juga panutan buat para musisi. Dengan pengaruh yang cukup besar di Industri musik Indonesia, Eross pun dibuatkan gitar signature nya sendiri oleh merk gitar Fender, suatu hal yang tidak semua musisi bisa mendapatkan kesempatan itu.

2.  Andra (Dewa 19)


Tak ada yang meragukan kepiawaian Andra bermain gitar, dengan kecepatan dan permainan yang bersih menjadikan Andra sebagai salah satu gitaris terbaik Indonesia saat ini. Solo gitar paling ikonik yang Andra ciptakan adalah outro lagu Dewa yang berjudul Pupus, lagu Dewa 19 yang cukup sering dibawain band - band pemula selain lagu Cukup Siti Nurbaya

3.  Piyu (Padi)


Band padi merupakan band yang cukup sempurna karena diisi oleh para personel - personel yang hebat dari vokalis sampai drummer dan yang paling menonjol adalah salah satu gitarisnya yaitu Piyu. Lirik lagu yang puitis dan permainan gitar yang sedikit rumit dari Piyu bisa dibilang akan sulit kita temui lagi di band - band populer zaman sekarang yang lebih memilih membuat lagu yang mudah dicerna dan permainan gitar yang sederhana.

4.  Eet Sjahranie (Edane)


Meskipun Eet Sjahranie dan Band nya bukan genre pop yang banyak disukai orang - orang tapi Eet pantas dimasukan kedalam list gitaris dengan skill dan karya terbaik. Sama seperti Eross, Eet merupakan musisi yang menjadi panutan musisi - musisi lainnya khususnya di genre rock dan metal. Eet bisa disebut gitaris level Internasional dengan pemilihan sound gitar yang bagus dan permainan gitar di atas rata - rata. Kehebatan Eet adalah mampu "memfasilitasi" para vokalis dan mantan vokalis grup band nya Edane sebuah musik level "Internasional" yang cocok sesuai karakter suara mereka. 

5.  Oncy (Ungu)


Oncy sebenarnya pernah bergabung dengan band funky kopral yang musiknya berbeda jauh dengan Ungu yang memang selama di funky kopral lebih "menonjolkan" skill bermusik sedangkan di Ungu bukan hanya skill tapi juga lagu - lagu nya yang mudah diterima pendengar musik Indonesia. Banyak solo gitar Ungu yang ikonik buatan Oncy salah satunya di lagu Para Pencari Tuhan yang serial dan lagunya selalu diputar di setiap bulan ramadhan.

Itulah beberapa gitaris dengan skill dan karya terbaik versi Nada Mayor dan untuk gitaris favorit sobat damay yang tidak masuk list jangan berkecil hati karena ini murni selera masing - masing pendengar musik.

No comments