Header Ads

5 Drummer terbaik Indonesia berdasarkan karyanya

Drummer dengan karya terbaik
pexels.com/Josh Sorenson


Drummer dalam sebuah band biasanya yang paling kurang populer dibanding personel lainnya tapi secara musik peran drummer cukup penting, drummer yang mengatur ritme sebuah lagu agar tetap teratur tidak jarang drummer berperan sebagai orang yang memberi tanda dimulainya sebuah lagu.

Stamina sangat penting bagi seorang drummer apalagi untuk musik yang mengandalkan kecepatan tidak jarang banyak drummer yang tidak terpakai lagi dalam sebuah band karena permainannya sudah berubah karena perubahan stamina tadi.

Beberapa drummer dibawah ini merupakan drummer terbaik Indonesia pilihan kami berdasarkan karya - karyanya dimana drummer - drummer tersebut pada saat top performa nya banyak menghasilkan isian drummer yang khas untuk band nya.

1.  Reza (ex Peterpan/Noah)


Reza ex Peterpan/Noah memiliki settingan snare drum yang khas yang jarang dipakai musisi pada waktu itu, kepiawaian bermain drum sangat terlihat di lagu - lagu Peterpan seperti lagu Mungkin nanti, Yang terdalam dan Bintang di surga yang ketukannya mungkin tidak cocok diubah atau diimprovisasi itu terbukti ketika Noah me-remake lagu yang terdalam Noah tetap memakai "jasa" Reza.

2.  Yoyo (Padi)


Yoyo kecil pernah menjuarai kompetisi drummer anak - anak seluruh Indonesia yang cukup membuktikan bahwa dia salah satu drummer terbaik Indonesia saat ini. Banyak isian drummer ikonik yang dibuatnya di lagu - lagu Padi seperti Mahadewi, Semua tak sama, Bayangkanlah dll yang hingga saat ini masih menjadi playlist penikmat musik di platform musik digital

3.  Anton (Sheila on 7)


Kalau dilihat dari isian drum Anton di album - album Sheila on 7 rasanya tidak percaya Anton bisa dikeluarkan dari Sheila on 7. Banyak yang bilang permainan gitar Eross dan permaian drum Anton di Sheila on 7 sudah sangat nyetel, permainan simpel tapi cukup nyangkut di telinga, membuat sebagian fans Sheila on 7 masih terus berharap Anton bisa kembali ke Sheila on 7 atau hanya sekedar Reuni.

4.  Ervin (Cokelat)


Ervin yang kembali ke Cokelat sedikit membuktikan bahwa dia tidak tergantikan di Cokelat sama seperti halnya Kikan sang vokalis yang juga kembali ke Cokelat. Beberapa isian drum yang paling nempel di telinga yaitu di lagu Bendera dan Karma yang terlihat enerjik dengan detail permainan yang cukup rumit.

5.  Tyo Nugros (Dewa 19)


Lihat Tyo main drum kelihatannya santai dan tidak terlalu enerjik tapi kalau kita dengar lagu Dewa 19 yang suara drum nya diisi oleh Tyo kita akan tahu bahwa permainan drum nya terdengar cukup rumit seperti di lagu Cemburu.

Itulah 5 drummer terbaik berdasarkan karya nya di dalam band, tentunya penilaian ini tidak mutlak karena musik itu selera dan skill permainan sulit diukur untuk tahu seberapa hebat seorang drummer karena tidak ada parameter yang jelas untuk mengetahui seberapa hebat seorang drummer.

Dari 5 drummer tersebut kira - kira mana drummer favorit kalian?

No comments